Daftar Isi

Dec 14, 2012

Kriptografi

Begitu pesatnya perkembangan internet di iringi pula dengan mewabahnya hacker,virus,spam dan sebagainya yang dapat mengganggu keamanan komputer anda. Oleh karena itu, marilah kita melakukan pencegahan terhadap masuknya hal-hal tersebut.

Jaringan komputer merupakan sistem jaringan terbuka, artinya user/pengguna dalam jaringan tersebut dapat mengakses device yang tersedia. Oleh karena itu diperlukan sebuah keamanan jaringan yang akan melindungi dari segala aktivitas anda.

Kriptografi

Kriptografi merupakan metode yang digunakan  untuk mengacak data,sehingga orang lain tidak dapat membaca data yang dikirimkan. Data yang di acak tersebut dinamakan Plain Teks. Data yang di acak tersebut di acak dengan menggunakan enkripsi key dan hasil pengacakan tersebut dinamakan Chiper Teks.

Proses ini akan berjalan tergantung pada kunci rahasia yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima. Namun,jika kunci rahasia ini diketahui oleh seorang hacker,maka pengirim data tidak merasa aman. Secara umum kriptografi di buat untuk mencegah orang masuk ke jaringan sehingga proses pengiriman dan penerimaan data dapat berjalan dengan baik dan aman.

Proses kriptografi dapat dapat dilakukan dan harus memenuhi bebarap syarat :

  • Kerahasiaan, artinya bersifat rahasia dan tidak dapat diketahui oleh orang lain yang tidak mempunyai otoritas.
  • Integritas, artinya dapat terjamin datanya ketika di transfer dan di terima oleh orang lain.
  • Autentikasi, artinya menjamin keaslian data yang dikirim.
  • Tanda tangan data atau tanda tangan digital, artinya untuk menandatangani digital.

0 comments:

Post a Comment

Admin


Update Informasi Terbaru Saya,Masukan email:

Delivered by FeedBurner