Daftar Isi

Dec 14, 2012
Network
Ada beberapa jenis ancaman-ancaman yang dapat terjadi pada jaringan komputer antara lain sebagai berikut :
  •  DOS/DDOS ( Denial Of Service  ) Merupakan bentuk serangan pada jaringan komputer yang berusaha mengahbiskan sumber daya sebuah peralatan komputer sehingga jaringan komputer terganggu. Pada bentuk serangan ini, sebuah host akan menerima paket inisiasi koneksi dalam jumlah yang sangat banyak secara terus menerus, sehingga ruang memori yang akan di gunakan menerima koneksi akan habis.
  • Sniffing Merupakan metode serangan dengan cara mendengarkan seluruh paket yang lewat pada sebuah media komunikasi, baik media kabel atau radio. Setelah paket yang lewat tersebut didapatkan,paket tersebut disusun ulang sehingga data-data yang dikirimkan dapat dicuri oleh pihak yang tidak berwenang.
  •  IP Spoofing  Merupakan metode serangan yang bertujuan untuk menipu seseorang. Serangan ini dilakukan dengan merubah alamat asal sebuah paket sehingga dapat melewati firewall yang telah dipasang. Contoh metode serangan ini adalah man-in-the-middleattack yaitu serangan akan berada ditengah-tenagh dari pengirim dan penerima data. Misal A dan B sebagai pengirim dan penerima data kemudian C sebagai penyerang. Ketika A mengirimkan paket datanya ke B akan di cegat oleh C dan mengubah data tersebut untuk selanjutnya dikirimkan ke C dan menyamar sebagai A, begitu juga ketika C mengirim balik paket datanya ke A akan di cegat oleh C dan mengubah data tersebut untuk selanjutnya dikirim ke A dan menyamar sebagai B. Dengan seperti itu maka, C sebagai pihak penyerang akan mendapatkan seluruh data dari A dan B.
  • Worm Merupakan program yang menyebar sendiri dengan cara mengirimkan dirinya sendiri ke sistem.

0 comments:

Post a Comment

Admin


Update Informasi Terbaru Saya,Masukan email:

Delivered by FeedBurner